System Of A Down Biography



System Of A Down atau sering disebut (SOAD atau SISTEM) adalah sebuah band rock asal Los Angeles, Amerika Serikat. Ber anggota 4 personil yaitu Serj Tankian (vocal) Daron Malakian (Guitar) Shavo Odadjian (Bass) John Dolmayan (Drum) Keempat anggota band System of a Down merupakan keturunan etnis Armenia. Tankian dan Dolmayan lahir di lebanon.


Band ini sebelumnya bernama SOIL, dan berubah nama menjadi SOAD setelah John masuk menggantikan drummer sebelumnya.
Vokalis Serj Tankian, dan gitaris Daron Malakian membentuk System of a Down di wilayah selatan California pada pertengahan tahun 90-an. Ketenaran mereka lewat promosi word of mouth nampaknya cukup memberikan mereka bekal untuk ngegaet Columbia Records. Di tahun 1998 mereka meluncurkan album perdana dan langsung pasang aksi dengan mengikuti tour Slayer dan Ozzfest. Karna tour itu jugalah System Of A Down akhirnya berhasil mendapatkan predikat Gold.
Lagu-lagu mereka yang terutama terkenal selain gayanya yang inovatif, dengan sentuhan musik Armenia.[rujukan?] Selain itu isinya juga berisikan ide, pandangan-pandangan,dan apa yang mereka rasakan. Serj Tankian sebagai anggota yang cukup menonjol dan brilian, memaparkan ide-ide politiknya dalam lagu-lagu SOAD. Mulai dari kampanye rekonisi terhadap Genosida Armenia oleh pemerintah Turki yang terus mereka usung, hingga masalah sosial-politik seperti konsumerisme, perang, globalisasi, lingkungan, dan kekerasan. Selain itu, mereka menulis lagu tentang perubahan atau transformasi pemikiran mereka.
Gaya musik System Of A Down memberikan kepada pendengar gaya musik yang terbilang "out of the box". Yaitu musik yang mereka tawarkan memiliki banyak sekali unsur, mulai dari musik etnis (khususnya timur tengah), rock, ska, reggae, blus, funk, metal, dan nu-metal. Secara general, kita dapat mengkategorikan musik mereka kedalam genre besar "Metal". Dalam lagu-lagu System Of A Down unsur "Metal" bukanlah konten utama didalam lagu-lagu mereka ciptakan, melainkan sebagai tempat yang menyatukan unsur-unsur yang lain yang membuat musik mereka terdengar begitu kaya akan nuansa. Musik Metal yang ditawarka System Of A Down terbilang sangat unik, Cirinya adalah punya gaya perpaduan antara underground trash metal dan musik alternative rock. banyak pengamat pengamat musik mengatakan System Of A Down telah menciptakanaliran musik sendiri yang sangat unik keras tetapi sangat enak didengar.
Kompas pernah menulis artikel tentang band ini dengan judul "Band Keras Anti Kekerasan". Pemikiran Serj cukup di pengaruhi oleh pengamat politik kiri AS Noam Chomsky. Serj Tankian juga aktif di bidang politik bersama Tom Morello mantan gitaris Rage Against The Machine mendirikan LSM Politik dengan nama Axis of Justice (nama LSM ini merupakan plesetan sarkastis dari salah satu pidato Presiden AS yang menyebut Tiga negara sebagai Axis of Evil).
System Of A Down di tangan Produser Rick Rubin berhasil menunjukkan dirinya ke dunia. System Of A Down bukan band yang dibentuk karena industri. Mereka berempat memang dari asalnya sudah begitu jadinya, liar, sangar, dan terus ngebentuk band yang menghipnotis dunia lewat gayanya yang unik. Sangat natural banget musiknya mengalir tanpa dibentuk-bentuk dan dituntut oleh kemauan pasar. Justru karna itu System Of A Down berhasil membuat pasar menyukai bahkan menggilai musiknya tersebut.




BACA JUGA